Welcome to TISSOR

Info & News

Ciri-Ciri Uang Kertas Rupiah Asli

Post date : 17.01.2013 |  By : tissor

             Uang kertas rupiah dan uang logam rupiah adalah alat pembayaran sah yang digunakan di Negara Indonesia. Kita bisa menggunakan uang rupiah untuk melakukan transaksi kecil maupun besar didalam negeri. Kini kita sering mendapati uang rupiah palsu dan terkadang kita tidak bisa membedakan yang mana yang asli dan yang mana yang palsu. Peredaran uang palsu diIndonesia sendiri sudah semakin meresahkan. Kita harus bisa mengetahui uang yang palsu agar terhindar dari bahaya uang palsu. Tentu kita akan merugi jika kita mendapatkan uang palsu. Kita tidak dapat menggunakan uang tersebut untuk melakukan aktifitas dan transaksi sehari-hari. Banyak pengedar uang palsu yang semakin lihai dalam membuat uang palsu rupiah.

         Untuk menghindari bahaya uang kertas rupiah palsu, hendaknya kita sedikit mengetahui ciri-ciri dari uang rupiah yang asli. Berikut ini adalah ciri-ciri uang asli tersebut:

  • Pada uang kertas anda akan menemukan tanda air yang bergambar ketika anda menerawangkan uang tersebut ke arah cahaya.
  • Di tengah uang kertas, anda akan menemukan benang pengaman yang disulam atau dianyam sehingga akan tampak menyerupai garis melintang dari bagian atas uang ke arah bawah.
  • Anda bisa meraba uang kertas dan uang kertas yang asli akan terasa kasar ketika diraba karena uang kertas dibuat dengan cetal Intaglio.
  • Uang kertas yang asli akan mempunya gambar yang saling isi. Gambar-gambar pada uang kertas akan saling beradu serta terlihat saling mengisi ketika diterawang ke cahaya.
  • Warna tinta pada uang kertas yang asli akan berubah warna ketika dilihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda.
  • Ada tulisan mikro yang berukuran sangat kecil pada uang kertas asli dan hanya bisa dibaca dengan menggunakan sebuah kaca pembesar.
  • Jika anda meletakkan uang kertas dibawah sinar ultra violet maka akan tampak tinta tidak tampak. Tinta ini hanya akan terlihat dibawah sinar UV.
  • Dengan teknik cetak yang sangat baik, ada gambar tersembunyi yang hanya akan bisa dilihat secara teliti serta dilihat dari sudut pandang tertentu juga.

Jika anda tidak mempunyai alat sensor UV, anda tetap bisa membedakan yang asli dengan uang rupiah yang palsu dengan 3D. Pertama dengan “Dilihat” semua ciri-ciri uang rupiah yang asli. Dengan pengetahuan yang telah dijelaskan diatas, anda akan mudah mengetahui yang asli dan menolak yang palsu. Kedua dengan “Diraba”. Seperti yang telah dijelaskan diatas, uang kertas asli bisa berciri kertas kasar dan anda akan mudah membedakan dengan meraba uang tersebut. Ketiga dengan “diterawang”. Uang kertas tersebut harus diterawang ke arah cahaya dan anda akan menemukan tanda air di uang kertas rupiah.