Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Mendapatkan Uang Palsu?

Pentingnya Mesin Penghitung Uang
September 6, 2016
Asal Mula Mesin Absensi
September 8, 2016
Show all

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Mendapatkan Uang Palsu?

Uang ialah suatu alat pembayaran yang sah. Hampir semua barang di dunia dapat dibeli dengan uang. Tak heran setiap orang membutuhkannya sehingga terus berusaha untuk memperoleh sebanyak-banyaknya. Baik secara halal maupun dengan cara yang tidak halal. Uang dibuat dari bahan berupa kertas khusus, maka dari itu ada saja sebagain orang atau kelompok yang berpikiran untuk memasulkannya. Apalgi saat ini teknologi semakin canggih maka dengan mudahnya seseorang atau sekelompok tersebut memproduksi uang palsu yang notabennya hampir mirip sekali dengan uang aslinya. Setelah membuat uang palsu itu, mereka mengedarkan entah dengan cara apapun, seperti membelanjakannya di warung-warung kecil pada malam hari atau bisa saja membuka jasa penukaran uang dipinggir jalan.

Adakalnya kita tidak sengaja memiliki uang palsu, walaupun kita buka pengedar uang palsu tersebut, tetapi uang bersirkulasi sehingga bisa saja kita dengan tidak sengaja memiliki uang palsu tersebut. Bila kita mendapati uang palsu, hal yang disarankan ialah menyerahkannya ke Bank Indonesia agar dijadikan bukti penyelidikan sekaligus menghentikan peredaran uang palsu. Namun, saat menyerahkan uang palsu, kita tidak ada mendapatkan ganti uang asli dengan nominal yang sebanding bahkan sepeserpun tidak. Tetapi beda hal jika menukarkan uang rusak yang masih dikenali keasliannya, kita akan mendapatkan ganti uang baru sesuai dengan nominal yang ditukarkan.

Untuk meminimalisir kita mendapatkan uang palsu, kita harus teliti dalam menerima uang yaitu dengan cara:

  1. Dengan cara 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang)

  2. Hindari menukarkan uang di Money Charger pinggir jalan. Jika butuh untuk menukar uang dalam bentuk banyak, lakukanlah di bank agar lebih aman.

  3. Jika transaksi dalam jumlah banyak, hindari menggunakan uang tunai, tapi gunakanlah dengan uang digital seperti transfer antar bank.

  4. Gunakanlah Tissor Money Detector Rupiah, sebuah alat pendeteksi uang palsu dengan sinar ultraviolet yang ramah lingkungan dan sudah terbukti keakuratannya