Arti Absensi

hanta-virus
Infeksi Hantavirus : Penyakit Virus Karena Tikus
March 6, 2017
umkm
Perkembangan UMKM di Indonesia
March 8, 2017
Show all

Arti Absensi

mesin-absensi

Absensi adalah ketidakhadiraan seseorang dari tugas atau kewajiban. Dan secara tradisional ketidakhadiran seseorang di lihat data mesin absensi yang menjadi indikator kinerja individual yang malas,dan merupakan salah satu pelanggaran kontrak antara 2 pihak yang biasanya merupakan pihak atasan dan bawahan. Absensi juga di lihat sebagai indikator psikologis,penyesuaian medis,dan sosial dalam bekerja.

Absensi dalam pekerjaan sangatlah menjadi kendala dalam produktivitas perusahaan. Sering terjadinya karyawan yang tidak masuk di tempat kerja merupakan salah satu perilaku yang menunjukan moral yang buruk dan malas. Tetapi jika memang absensi karyawan tersebut mempunyai alasan yang kuat dan masuk akal perusahaan mempunyai kebijakan-kebijakan untuk karyawan yang absen tersebut. Seperti karyawan yang mengidap penyakit tertentu atau izin tertentu. Namun ada juga perusahaan yang tidak mengizinkan karena karyawan hanya mengidap penyakit yang ringan,tetapi jika seperti ini bisa mengakibatkan karyawan lain tertular. Hal ini menyebabkan ketidakhadiran yang lebih besar dan penurunan produktivitas antara pekerja lain yang mencoba untuk bekerja saat sakit.

Kebanyakan karyawan memberikan alasan untuk ketidakhadiran di sebabkan oleh alasan medis, mereka biasanya memberikan surat keterangan dokter atau dalam bentuk dokumentasi lainnya untuk menyakinkan perusahaan. Selain faktor medis, absensi karyawan juga di pengaruhi oleh faktor psikologis yaitu kemalasan seseorang untuk bekerja,kemalasan itu paling banyak terjadi pada hari senin yaitu sekitar 70%.

Berikut penyebab-penyebab karyawan melakukan absensi:

  1. Orang yang sering melakukan absensi dikarenakan ia tidak puas dengan pekerjaan sehingga mereka sering melakukan absensi.
  2. Faktor psikologis ketidakhadiran seseorang disebabkan oleh kondisi kerja yang tidak memuaskan.
  3. Konflik antar pegawai yang terjadi di tempat kerja
  4. Bentuk protes karyawan terhadap gaji yang tidak sesuai atau tidak adanya hal-hal yang memotivasi
  5. Tingkat stress yang tinggi.
  6. Lingkungan kerja yang sebagian besar mempengaruhi individu
  7. Kesehatan pegawai
  8. Kemampuan fisik pegawai

Oleh karena itu,penyebab di atas terjadi karena juga di pengaruhi oleh berbagai faktor. Jadi,kalau bukan diri kita sendiri yang membuat semangat kerja yang tinggi kemalasan dalam bekerja akan berkurang.

sumber: Sumber : http://www.kumpulanistilah.com