Berlakunya Uang Kertas di Indonesia

jenis-jenis-mesin-hitung-uang-jual-mesin-hitung-uang
MESIN HITUNG UANG SANGAT PENTING DIDALAM MENDUKUNG JALANNYA BISNIS
October 27, 2016
ilustrasi-ukm-300x146
Pengembangan Sektor UKM
October 31, 2016
Show all

Berlakunya Uang Kertas di Indonesia

uang-palsu

Indonesia adalah salah satu negara yang menggunakan uang dengan pecahan uang kertas sebagai mata uang yang sah digunakan untuk segala transaksi. Sebelumnya indonesia juga sama dengan negara-negara lainnya menggunakan sistem barter sebelum menemukan uang untuk bertransaksi. Nah kan, hingga perkembangannya kini sistem barter masih digunakan apabila kedua belak pihak yang akan melakukan transaksi sama-sama sepakat.

Sistem barter semakin ditinggalkan oleh masyarakat indonesia khususnya dikarenakan semakin tidak ada kecocokan atau semakin banyak orang yang tidak mau saling bertukar sehingga membuat semua orang harus bisa mengusahakan sendiri dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Dan kemudian ditemukan lah benda berharga, yakni beberapa benda yang dianggap berharga di zaman dahulu. Misalnya saja kulit kerang yang indah atau emas, perak atau benda lainnya yang memiliki keindahan berharga.

Karena susahnya mendapatkan beberapa benda berharga seperti kulit kerang membuat masyarakat berfikir untuk membuat benda sendiri yang bisa digunakan untuk bertransaksi dengan bahan baku yang mudah dicari dan mudah diterima oleh masyarakat luas jauh sebelum ditemukan uang kertas oleh nenek moyang indonesia, namun lain halnya dengan negeri tirai bambu yang sudah mengenal uang kertas ratusan tahun yang lalu.

Dan kemudian ditemukan lah bentuk uang yang terbuat dari emas (uang emas) dan perak (uang perak) karena bahan baku yang melimpah di negara indonesia. berbentuk uang koin logam benda tersebut diterima oleh masyarakat luas diseluruh negara indonesia. Namun karena tidak bisa digunakan untuk alat transaksi ditempat yang jauh sangat tidak memungkinkan apabila membawa sejumlah dalam jumlah yang banyak karena beratnya tidak memungkinkan.

Meskipun sudah di kurangi ketebalannya. tetap saja uang logam masih membebani, sampai akhirnya masyarakat membuat uang dalam bentuk lain yang bisa digunakan kapan saja, dan mudah dibawa dalam jumlah banyak tetapi tidak mengganggu. Akhirnya ditemukan lah benda lain yakni uang kertas seperti yang biasa di gunakan saat ini.

Banyak yang beranggapan bahwa menggunakan uang kertas mudah digunakan hanya saja memiliki kendala mudah rusak, lusuh, atau pun sobek. Maka dari itu program pemerintah selanjutnya akan membuat mata uang dengan bentuk pecahan logam atau koin kembali. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena uang kertas pastinya akan lebih ringan.