Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 20.000 Dengan Sinar Infra Merah

Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 50.000 Dengan Sinar Infra Merah
Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 50.000 Dengan Sinar Infra Merah
August 15, 2016
Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 10.000 Dengan Sinar Infra Merah
Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 10.000 Dengan Sinar Infra Merah
August 18, 2016
Show all

Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 20.000 Dengan Sinar Infra Merah

Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 20.000 Dengan Sinar Infra Merah

Selain pecahan uang Rupiah besar seperti nominal Rp 100.000,- dan Rp 50.000,- , uang palsu pecahan Rp 20.000,- juga pernah ditemukan.

Meskipun tidak sebanyak pecahan besar, akan tetapi ada baiknya untuk tetap waspada dengan peredaran uang palsu ini.

Teknologi sinar infra merah belum banyak digunakan untuk mendeteksi uang palsu di pasaran. Alat detektor uang palsu yang banyak beredar di pasaran adalah alat deteksi uang palsu dengan  teknologi ultraviolet, magnetic dan tanda air (watermark).

Berikut perbedaan tampilan uang Rupiah asli pecahan Rp 20.000,- pada penglihatan normal dibandingkan dengan tampilan dibawah sinar infra merah :

Jika dibandingkan tampilan pada penglihatan normal dengan tampilan pada penglihatan menggunakan sinar infra merah, maka dapat dijelaskan sebagai berikut :

Tampak Depan :

  1. Gambar tokoh pahlawan Oto Iskandar Dinata pada bagian tengah cetakan uang terlihat samar cetakannya pada bagian tubuh sebelah kanan sedangkan cetakan tubuh sebelah kirinya tampak jelas dan tegas. Cetakan pada tokoh ini tampak paling jelas diantara cetakan uang asli pecahan RP 100.000,- dan Rp 50.000,- jika dilihat menggunakan sinar infra merah.
  2. Pita magnetic atau benang uang terlihat jelas
  3. Cetakan lambang burung Garuda pada bagian kanan atas juga terlihat jelas.
  4. Cetakan nominal 20.000 vertikal dibagian bawah lambang burung Garuda juga terlihat jelas.
  5. Gambar perisai yang terdapat logo BI (Bank Indomesia) pada bagian kanan bawah terlihat sangat tegas dan jelas, sama seperti pada pecahan uang besar.
  6. Cetakan nominal 20.000 pada bagian kiri atas terlihat seperti terpotong. Cetakan angka depan terlihat samar sedangkan angka belakangnya terlhat jelas.
  7. Cetakan tulisan “DUA PULUH RIBU RUPIAH” pada bagian kiri bawah juga terlihat samar pada bagian “DUA PULUH RIBU” nya sedangkan pada kata “RUPIAH” terlihat jelas.

Tampak belakang :

  1. Tidak seperti pada pecahan besar yang cetakannya terlihat sangat tipis dan samar-samar, tampak belakang uang Rupiah pecahan 20.000 dengan menggunakan sinar infra merah terlihat sangat tegas dan jelas, hampir seperti tampak normalnya.
  2. Bagian-bagian cetakan yang tampak hilang atau samar adalah gambar ornament seperti garis-garis halus pada bagian kiri atas dan kiri bawah.
  3. Cetakan nomor seri pada bagian kanan atas juga sangat tipis, malah seperti terlihat nyaris hilang.
  4. Pita magnetic yang pada tampak normal terlihat samar, terlihat sangat jelas jika menggunakan sinar infra merah.