Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 5000 dengan Ultraviolet

Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 2000 Dengan Sinar Infra Merah
Ciri-Ciri Uang Asli Rupiah Pecahan 2000 dengan Ultraviolet
August 19, 2016
Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 10000 Dengan Ultra Violet
Ciri –Ciri Uang Asli Rupiah Pecahan 10.000 dengan Ultraviolet
August 23, 2016
Show all

Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 5000 dengan Ultraviolet

Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 5000 Dengan Ultra Violet

Pencetakan uang kertas dengan ditanamkan tinta ultraviolet adalah cara yang paling mudah ditiru oleh para pelaku pengedar uang palsu. Jika menggunakan mesin penghitung uang yang menggunakan deteksi ultraviolet, uang palsu yang menggunakan tinta ultraviolet tentu tidak akan terdeteksi dengan mudah. Untuk pendeteksian yang lebih akurat tentunya diperlukan alat pendeteksi uang dengan metode ultraviolet.

Berikut adalah gambar perbandingan uang Rupiah asli pecahan lima ribu Rupiah (Rp 5000) jika dilihat dengan penglihatan normal dan dengan sinar ultraviolet :

Ciri-Ciri Uang Rupiah Asli Pecahan 5000 Dengan Ultra Violet

Dari gambar diatas maka dapat dibandingkan ciri-ciri uang Rupiah asli pecahan Rp 5000 pada tampak depan pada saat disinari dengan sinar ultraviolet yang terlihat menyala hanya pada bagian pita magnetik yang melintang vertikal pada lenbar uang. Pita magnetik ini terlihat menyala dengan warna kuning dan biru terang.

Sedangkan pada bagian belakang uang pecahan Rp 5000 ini, ciri-ciri uang asli yang terlihat dengan menggunakan sinar ultraviolet adalah sebagai berikut :

  1. Pita magnetik terlihat menyala dengan warna kuning dan biru terang, sama seperti pada tampak depannya.
  2. Terlihat nominal 5000 pada bagian kiri atas , sedikit memotong pita magnetik.
  3. Cetakan nomor seri uang yang terdapat pada bagian kanan atas terlihat bersinar terang dengan warna kuning. Sedangkan jika dibandingkan dengan penglihatan pada keadaan normal, cetakan nomor seri ini dicetak dengan warna merah.
  4. Cetakan nomor seri uang yang terdapat pada bagian kiri bawah terlihat bersinar dengan warna hijau, jika dibandingkan dengan penglihatan normal, cetakan nomor seri uang ini dicetak dengan warna hitam.