Mengenal Jenis-Jenis Mesin Cash Register

18095-cara-ampuh-usir-tikus-dari-saluran-air
Cara Menghilangkan Tikus Dari Rumah Yang Sudah Lama Ditinggalkan
March 16, 2017
Dekati UKM, Tissor Berikan Solusi Perbankan
March 20, 2017
Show all

Mengenal Jenis-Jenis Mesin Cash Register

mesin-kasir

Di toko-toko yang besar atau swalayan, untuk memudahkan penyelesaian transaksi jual beli digunakan mesin yang dapat digunakan oleh kasir untuk mengetahui dan menghitung jenis dan jumlah barang yang telah dibeli oleh pelanggan, jenis alat pembayaran, pemberian diskon sampai dengan membaca laporan penjualan baik per kasir maupun untuk periode tertentu. Mesin tersebut disebut dengan Mesin Cash Register.

Di toko-toko yang besar atau swalayan, untuk memudahkan penyelesaian transaksi jual beli digunakan mesin yang dapat digunakan oleh kasir untuk mengetahui dan menghitung jenis dan jumlah barang yang telah dibeli oleh pelanggan, jenis alat pembayaran, pemberian diskon sampai dengan membaca laporan penjualan baik per kasir maupun untuk periode tertentu. Mesin tersebut disebut dengan Mesin Cash Register. Mesin Kasir/ Cash register adalah suatu peralatan mekanik maupun elektronik untuk menghitung dan mencatat transaksi penjualan yang biasanya terintegrasi secara modul dengan laci (cash drawer) untuk menyimpan sejumlah mata uang. Cash register umumnya juga mengeluarkan hasil cetak (print) dari struk penjualan (receipt) untuk pelanggan. Mesin cash Register ini memiliki kelebihan, yaitu dapat menampilkan nama barang yang dibeli sekaligus dengan harganya. Mesin cash register lainnya biasanya hanya menampilkan kode barang sehingga customer tidak mengetahui jenis barang yang dibeli.

Macam-macam Mesin Cash Register ada tiga jenis, yaitu:

1. Cash Register Manual

Terdapat beberapa merk mesin cash register manual salah satunya adalah mesin cash register manual merk Olivetti dari jenis berkunci sepuluh yang dapat mencetak dan berkapasitas 12 angka. Dapat digunakan untuk menjumlah, mengurangi, mengalikan dan memperoleh jumlah tombol atau jumlah kredit juga dilengkapi dengan kunci spasi mundur (back spacer).

2. Cash Register Elektronik

Mesin Cash Register mesin hitung elektronik yang biasa digunakan dalam perdagangan. Mesin ini selain dapat digunakan sebagai alat hitung yang dapat dijamin ketepatan hitungannya juga dapat digunakan sebagai alat penyimpan data barang (stock barang). Mesin ini dapat mencatat semua transaksi yang terjadi setiap kali transaksi. Ada beberapa perbedaan dalam sistem dan spesifikasi Kasir di dua sektor, untuk sektor ritel pada umumnya membutuhkan produk yang menekankan pada kecepatan pelayanan, oleh karena itu, biasanya untuk sektor ritel pada umumnya sudah dilengkapi dengan barcode scanner. Karena memasukkan kode secara manual dengan menggunakan keyboard akan memakan waktu yang lama. Seperti yang kita juga tahu sebagian besar produsen barang-barang umumnya memiliki barcode pada kemasannya. Adapun kemampuan CRE adalah:

  • Pencatatan penjualan dengan diskon.Pengurangan penjualan kredit/hutang.
  • Pembatalan/penghapusan Penghitungan prosen Pencatatan nomor bon/transaksi pada kertas bon.
  • Pencatatan persediaan uang kas.
  • Penjumlahan penjualan/penerimaan cash.
  • Pencatatan pengeluaran uang kas

3. Cash Register Listrik

Terdapat beberapa mesin cash register listrik salah satunya adalah NCR. Meskipun terdapat beberapa macam merk tetapi umumnya cara kerjanya sama.

sumber: https://seputarcashregister.wordpress.com/2015/08/07/mengenal-jenis-jenis-mesin-cash-register/